• Jl. Desa Sriombo RT 04 RW 02
  • 085271051575
  • desasriombo@gmail.com
INFO
  • Ini contoh teks berjalan. Isi dengan tulisan yang menampilkan suatu ciri atau kegiatan penting di desa anda.

Gamelan Jawa Bantuan Keuangan Provinsi Kepada Desa Sriombo Siap Dimainkan

01 Oktober 2019 Adi Setiawan Berita Desa Dibaca 256 Kali

Gamelan Jawa merupakan alat musik tradisional khas Jawa. Alat musik yang memiliki nilai seni yang luar biasa ini memang sudah tersohor sampai manca negara. Alat musik yang terbuat dari logam ini memiliki berbagai macam jenis yaitu Gamelan jawa bernada pelog, dan gamelan  jawa bernada slendro.

Pemerintah Desa Sriombo mengajukan bantuan kepada Pemerintah Provinsi untuk pengadaan gamelan Jawa. Hal ini dimaksudkan agar masyarakat Sriombo dapat melestarikan budaya khas Indonesia yakni alat musik tradisional.

Bantuan Keuangan Provinsi memang sudah beberapa bulan yang lalu dicairkan. Dan Pelaksana Kegiatan telah memesan kepada pengrajin asli Sukoharjo yakni satu set gamelan Jawa bernada slendro. Dalam kurun waktu kurang lebih satu bulan akhrinya gamelan tersebut sudah jadi dan dikirim ke Desa Sriombo pada hari Minggu (29/09/2019).

Setiba di Balai Desa Sriombo para pecinta musik tradisional sudah menanti dan berkumpul untuk sekedar melihat bahkan ada yang tidak sabar langsung dimainkan. Yang mana para pecinta budaya Jawa ini telah menanti cukup lama karena Desa Sriombo belum pernah memiliki gamelan Jawa.

Pelaksana Kegiatan Ibu Muryanti yang juga Perangkat Desa Sriombo mengungkapkan agar warga Desa Sriombo dapat memanfaatkan gamelan tersbut dan juga dapat melestarikan budaya khusunya para pemuda/pemudi Sriombo. "Saya berharap dengan datangnya gamelan ini dapat dimanfaatkan para warga untuk melestarikan budaya Jawa, dan menghibur masyarakat terutama para pemuda/pemudi agar memiliki kegiatan yang positif yakni belajar gamelan Jawa".

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar