• Jl. Desa Sriombo RT 04 RW 02
  • 085271051575
  • desasriombo@gmail.com
INFO
  • Ini contoh teks berjalan. Isi dengan tulisan yang menampilkan suatu ciri atau kegiatan penting di desa anda.

Temuan Situs Patung Kepala Budha Belum Ada Tindak Lanjut

11 Agustus 2019 Adi Setiawan Berita Desa Dibaca 482 Kali

Penemuan situs patung kepala Budha di Desa Sriombo tahun 2018 lalu belum ada tindak lanjut. Temuan patung tersebut terjadi pada tanggal 24 November 2018. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Rembang bapak Dwi Purwanto telah menurunkan timnya untuk melihat secara langsung temuan tersebut. Selain itu, sudah diteliti oleh Balai Arkeologi Yogyakarta Desember tahun lalu, tetapi sampai sekarang seolah-olah terhenti dan tidak ada kelanjutannya.

Situs patung kepala Budha ditemukan ketika penggalian pondasi bangunan gapura perbatasan antara Desa Sriombo dan Desa Bonang. Selain ditemukan patung kepala budha, ditemukan juga batu bata berukuran besar yang diperkirakan pada zaman Majapahit atau bahkan sebelum kerajaan Majapahit.  Situs tersebut memiliki ukuran tinggi sekitar 9  cm dan lebar 7 cm.

Kepala Desa Sriombo Suryo Anik Duwi Narko berharap penggalian segera dilanjutkan karena pihak desa pun penasaran apakah masih ada temuan yang lainnya. "Saya berharap Pihak Balar (Balai Arkeologi) Yogyakarta segera menindaklanjuti temuan tersebut dan segera melanjutkan pencarian situs-situs yang lain" papar Kepala Desa Sriombo.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar