• Jl. Desa Sriombo RT 04 RW 02
  • 085271051575
  • desasriombo@gmail.com
INFO
  • Ini contoh teks berjalan. Isi dengan tulisan yang menampilkan suatu ciri atau kegiatan penting di desa anda.

Sedekah Bumi Desa Sriombo Ramai Pengunjung

30 Agustus 2019 Adi Setiawan Berita Desa Dibaca 635 Kali

Sedekah bumi merupakan tradisi di daerah Kecamatan Lasem bahkan Kabupaten Rembang. Selain biasa dimeriahkan dengan hiburan ketoprak,wayang, serta dangdut, sedekah bumi di Rembang juga memiliki khas tersendiri yaitu masakan. Ketika sedekah bumi dilaksanakan banyak suguhan makan khas seperti dumbek, gemblong, bugisan, tape dll.

Kamis (29/8/2019) di Desa Sriombo menggelar sedekah bumi dengan diawali berdoa serta membawa jajanan, buah, makanan di punden atau sumur-sumur tua seperti punden Watu Selogading, Sumur Genjor. Dengan menggelar sedekah bumi warga Desa Sriombo berharap untuk tahun berikutnya dilancarkan rejeki, serta terhindar dari balak. Kemudian malam harinya dilanjutkan dengan hiburan ketoprak yang mana tahun ini dihibur ketoprak Agung Budoyo dari Kecamatan Kaliori, Kabupaten Rembang hasil dari swadaya masyarakat.

Warga masyarakat pun sangat antusias dan sangat terhibur dengan adanya ketoprak karena memang hiburan ini biasanya hanya satu kali dalam setahun. Ketua panitia sedekah bumi Desa Sriombo Bapak Sutondo mengungkapkan banyak terimakasih atas dukungan dan sumbangsih dari semua warga Desa Sriombo, serta mengucapkan maaf apabila mungkin pada perayaan sedekah bumi tahun ini terdapat kekurangan.

Sementara itu Kepala Desa Sriombo Bapak Suryo Anik pun mendukung penuh acara sedekah bumi Desa Sriombo karena termasuk menjaga tradisi dan budaya yang telah berlangsung turun temurun. "Kami selaku pemerintah Desa Sriombo akan mendukung penuh acara sedekah bumi desa karena hal ini adalah warisan dari nenek moyang kita dan" ungkap pria yang sering disapa Pak Anik ini.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar