INFO
  • Ini contoh teks berjalan. Isi dengan tulisan yang menampilkan suatu ciri atau kegiatan penting di desa anda.

Sholawatan Dalam Rangka Haul Mbah Wirobojro (Mbah Brawut) Menyedot Ribuan Pengunjung

22 Juni 2022 Adi Setiawan Berita Lokal Dibaca 494 Kali

Adipati Wirobojro atau Mbah Brawut merupakan salah satu Adipati di Kadipaten Lasem Bonang-Binangun pada tahun 1.469 Masehi.

Makam Mbah Brawut terletak di Dukuh Keben Desa Sriombo Kecamatan Lasem. Setiap tahunnya Makam Adipati Lasem ini diadakan Haul. Dilaksanakan pada hari Selasa Pon Bulan Dzulkodah atau Bulan Apit (Sela) dalam bulan Jawa.

Setelah dua tahun acara haul ditiadakan karena Pandemi Covid 19 yang menyerang Indonesia, akhirnya setelah Pemeintah Daerah melonggarkan kegiatan sosial kemasyarakatan haul dilaksanakan kembali.

Haul di tahun 2022 agak berbeda dengan tahun sebelumnya. Kalau biasanya haul Mbah Brawut kegiatannya pada Senin malam pengajian dan khataman Al Qur'an, pada tahun 2022 khataman diajukan bkda Maghrib dan Bakda Isyak dilanjutkan Sholawatan. Sholawatan ini dihadiri oleh Habib Muhammad Bin Salim Bin Yahya dan Habib Abdillah Bin Taufiq Alaydrus dari Jepara.

Sholawatan tersebut juga diiringi oleh Zahir Mania Rembang yang dikenal memiliki penggemar yang cukup banyak di Kabupaten Rembang. 

Pantas saja acara Haul itu dihadiri ribuan pengunjung yang memang ingin mengikuti sholawatan bersama Zahir Mania Rembang beserta beberapa Hababib yang hadir.

Kepala Desa Sriombo Bambang Purwanto menyebutkan ini adalah kali pertama Haul Mbah Brawut dilaksanakan secara meriah. Semoga tahun-tahun berikutnya lebih meriah dari tahun ini.

"Ini kali pertama Haul Mbah Brawut dilaksanakan dengan mengundang para Hababib dan diiringi sholawatan. Semoga tahun depan bisa lebih meriah dari tahun ini" ucap Bambang. (Adi Setiawan)

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar