• Jl. Desa Sriombo RT 04 RW 02
  • 085271051575
  • desasriombo@gmail.com
INFO
  • Ini contoh teks berjalan. Isi dengan tulisan yang menampilkan suatu ciri atau kegiatan penting di desa anda.

MENYULAP GEDEBOG PISANG MENJADI KERIPIK, KWT SRI REJEKI DESA SRIOMBO SIAP MEMPRODUKSI SKALA BESAR

18 Februari 2021 Adi Setiawan Berita Lokal Dibaca 391 Kali

KWT Sri Rejeki merupakan Kelompok Wanita Tani yang berada di Desa Sriombo. Kelompok tersebut diketuai oleh Ibu Niken Larasati yang tak lain juga Perangkat Desa Sriombo. KWT Sri Rejeki sudah berdiri sejak tahun 2012 . Dan dengan keaktifan para anggotanya KWT tersebut tidak jarang mewakili Kecamatan Lasem dalam event-event ditingkat Kabupaten.

Pada hari Kamis 18/02/2021 pukul 13.30 para anggota KWT Sri Rejeki berkumpul di rumah Ibu Zumrotul anggota dari KWT Sri Rejeki untuk berlatih pembuatan keripik yang terbuat dari gedebog pisang. Memang tak lazim di daerah Rembang apalagi Lasem gedebog dimasak untuk makanan manusia. Selama ini gedebog pisang ketika sudah menghasilkan buah akan dibuang begitu saja, hal ini yang membuat para anggota KWT berinovasi.Tetapi tidak semua pisang dapat dimanfaatkan sebagai keripik, hanya pisang yang bunganya dapat dimasak yaitu pisang raja, pisang Pipit/Bangil, pisang Susu, dan pisang Kluthuk isi. 

Berikut bahan dan cara pembuatan keripik gedebog pisang: 10 lembar gedebok pisang,diiris bagian tengah,dipotong2 ukuran 5 cm. Bumbu: 4 siung bawang putih, 1sd teh ketumbar, 5 btr kemiri, 1 ruas jari kencur, 1 ruas jari kunyit, 3 lbr daun jeruk, 1/2 sdteh garam, 250 gr tepung beras, 50gr tepung tapioka, 100 ml air.

Bahan tepung pelapis: 150gr tepung terigu, 100gr tepung tapioka, 100gr tepung beras, 1/2 sdteh garam

Cara

- Rendam potongan gedebok pisang dengan larutan garam  kurang lebih 1 jam,lalu cuci bersih dan tiriskan

- haluskan semua  bumbu lalu campur dengan tepung beras dan tapioka,encerkan dengan kekentalan tertentu

-Masukkan potongan gedebok pisang ke dalam adonan tepung encer,angkat dan masukkan lagi ke dalam tepung kering,aduk aduk hingga semua potongan gedebok.pisang berlumur tepung

-lalu goreng dengan minyak panas dengan api sedang hingga matang

-angkat dan tiriskan.

 

Kegiatan ini juga didatangi perwakilan dari BPP Kecamatan Lasem Bapak Nuril Anwar yang juga menjabat sebagai PPL pendamping KWT Sri Rejeki. Bapak Nuril Anwar menyampaikan kekagumannya kepada KWT Sri Rejeki. "Saya benar-benar salut kepada KWT Sri Rejeki, setelah saya upload di story WA saya teman-teman yang tersebar di seluruh Indonesia menanyakan resep dan memesan keripik gedebog pisang karya KWT Sri Rejeki Desa Sriombo. Saya sampai merasa merinding, dan kegiatan seperti ini harus disuport" ucap Pak Nuril.

Ditempat yang berbeda ketua KWT Sri Rejeki Ibu Niken Larasati ketika diwawancarai pun mengungkapkan bangga dan sekaligus sebagai pelecut semangat agar terus berkarya. "Sebagai Ketua KWT Sri Rejeki saya merasa bangga karena anggota saya luar biasa, banyak orang kreatif, dan mampu berinovasi, semoga kegiatan kita ini mendapat suport dari Pemerintah Desa, maupun Pemeintah Daerah". Tutur Ketua KWT yang juga sebagai Perangkat Desa Sriombo.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar