• Jl. Desa Sriombo RT 04 RW 02
  • 085271051575
  • desasriombo@gmail.com
INFO
  • Ini contoh teks berjalan. Isi dengan tulisan yang menampilkan suatu ciri atau kegiatan penting di desa anda.

Acara Beratan, Baroatan, Nisfu Sya'ban, Atau Malem 15 Sasi Ruwah Di Desa Sriombo

17 Maret 2022 Adi Setiawan Berita Lokal Dibaca 185 Kali

Kamis, 17 Maret 2022- Bulan Sya'ban atau sering disebut Sasi Ruwah dalam bahasa Jawa memang memiliki keistimewaan dalam Agama Islam terutama di pulau Jawa. 

Di Desa Sriombo Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang juga memiliki acara adat bancaan dimalam Nisfu Sya'ban. Bancaan dilaksanakan di lantai bawah masjid Al-Mubarok Desa Sriombo. Dengan membawa Kupat, Lepet ciri khas dari bancaan malam tanggal 15 sasi Ruwah atau Nisfu Sya'ban.

Acara dipimpin oleh bapak Sumarsono tokoh agama di Sriombo yang juga menjabat Perangkat Desa Sriombo. Acara diawali dengan bacaan Yasin bersama dan diakhiri oleh doa.

Bancaan Beratan sebenarnya dari bahasa Arab Baroatan yg berarti lembaran. Nisfu Sya’ban merupakan​penutupan catatan​ amal bagi umat muslim. Artinya pada tanggal 15 Sya’ban merupakan pergantian lembaran catatan amal menjelang bulan Ramadhan. Berharap 1 tahun ke depan menjadi lebih terang atau baik.

Bapak Sumarsono menjelaskan malam Nisfu Sya'ban mari kita manfaatkan dengan baik untuk berdoa dan berdzikir serta memohon kepada Allah segala yang kita inginkan. Karena malam ini adalah pergantian catatan tahun lalu dan tahun yang akan datang.

"Malem Nisfu Sya'ban ya cara diibaratke Ning Pemerintah Desa kaya RPJMDES, lha Iki malem sing pas kanggo jaluk Karo Gusti Allah supaya tahun ngarep isa dikabulke hajat kita Kabeh". Ucap Pak Marsono. (Adi Setiawan)

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar